Sejarah

Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat  Palu berdiri sejak tahun 2009, dan satu-satunya Fakultas Kedokteran Swasta di Sulawesi Tengah. Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat saat ini telah terakreditasi B (Baik) untuk tahap pendidikan akademik : SK LAM-PTKes No. 0016/LAM-PTKes/Akr/Sar/I/2018 dan tahap pendidikan profesi dokter SK LAM-PTKes No. 0017/LAM-PTKes/Akr/Pro/I/2018.

Sesuai dengan Permendikbud Nomor 30 tahun 2014   mahasiswa yang telah menyelesaikan tahap pendidikan profesi dokter harus mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang diselenggarakan secara nasional, agar dapat lulus dan diangkat sumpah sebagai dokter. UKMPPD meliputi ujian teori dengan sistem komputer (computer based test/ CBT) dan keterampilan klinik dengan metode OSCE (objective structured clinical examination). Mahasiswa dinyatakan lulus apabila telah lulus kedua ujian tersebut (CBT dan OSCE).

Tingkat kelulusan mahasiswa dalam UKMPPD untuk yang pertama kali (first taker) dimanfaatkan sebagai kriteria untuk beberapa keputusan, antara lain kuota nasional penerimaan mahasiswa baru (Permenristek Dikti No. 43 tahun 2017). Tingkat kelulusan first taker Program Studi Pendidikan Dokter selama 3 tahun terakhir (2016, 2017, dan 2018) berturut-turut sebesar 100%, 80%, dan 75%.

Peraturan Perundang-Undangan (Permenristek Dikti No. 43 Tahun 2017) mengharuskan calon mahasiswa yang mengikuti pendidikan kedokteran lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh institusi, meliputi tes kesehatan, tes bakat dan tes kepribadian. sesuai dengan peraturan tersebut, dengan maksud untuk menjaring calon mahasiswa yang sehat, memiliki bakat dan minta yang tinggi, kepribadian yang baik serta mampu menyelesaikan Pendidikan Tepat Waktu Untuk Menjadi Dokter Yang Kompeten Dan Profesional, FK UNISA Menyelenggarakan Ujian Seleksi Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2019/2020.